Jumat, 04 Februari 2011

Cara Menghitung Ukuran Frame

Dalam membangun fixie impian, kita harus mengetahui ukuran frame fixie yg akan kita bangun. Hal ini penting sekali mengingat ukuran frame yg salah dapat mengurangi kenyamanan kita dalam mengendarainya. Untuk itu, fixie riders wajib mengetahui ukuran frame berapa yg harus dipakai.

Mengukur frame yg sesuai dengan postur badan kamu tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengambil sebuah meteran yg dapat mengukur jarak tube dari bottom bracket ke sitpin. Berikut ini adalah ratio rata2 frame fixie. Disebelah kiri terdapat size (ukuran frame) dan selanjutnya disibelah kanan size ada tinggi badan, lalu ukuran seluruh bidang frame.

Untuk menggunakan teknik pengukuran diatas, kamu hanya perlu mencocokan tinggi badan kamu ke size frame kamu. Cara menghitungnya adalah misal size 49 adalah untuk orang yg tinggi badannya 4,11feet ke 5,4 feet. Untuk yg ga biasa menggunakan ukuran konfersi "feet/kaki" tinggal mengkonfersinya sendiri dimana 1feet = 30.48cm. Jadi kalau 4,11 feet  artinya adalah = 125 cm. Jadi kesimpulannya ukuran frame 49 adalah ukuran frame yg paling cocok dan ideal untuk orang dengan tinggi badan 125cm sampai 164cm.

Agar lebih mudah menghitungnya, kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini dimana diberikan ukuran yg sudah dikonfersi secara m (meter). Jadi ukuran frame 49 dibawah ini dikatakan adalah ukuran untuk orang dengan tinggi badan 1.50meter - 1.65 meter.

Ok, so pasti kalian sudah mengerti dong sekarang gimana caranya memilih ukuran frame yg tepat untuk diri kalian. Jangan sampai salah memilih ukuran fixie bro/sis karena, salah mengukur frame akan membuat diri kalian tidak nyaman ketika mengendarai fixie kalian. So be wise on chosing ur own fixie frame.

Agung Teknika - Indofixie

9 komentar:

  1. waw!! aku terdampar di blog yang tepat!!...
    ahahaha..makasih yaa. aku bantu nge-share deh ;)

    BalasHapus
  2. dapet pengalaman baru. thanks a lot gan. really nice blog. . .

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas info nya. Apakah artikel ini juga berlaku diluar fixie, seperti MTB ? terima kasih.

    BalasHapus
  4. thank's atas informasinya GAN .......... ^_^

    BalasHapus
  5. Kalo ukuran 26 itu kecil,sedang atau tinggi/besar yaa??? Mohon info

    BalasHapus
  6. Aku dari masa depan 2023

    BalasHapus